Header Ads

daftar-m88

Breaking News

Mengulas Crystal Palace vs Manchester United Final FA Cup

mengulas-crystal-palace-vs-manchester
Final FA Cup Crystal Palace vs Manchester United - Di akhir pekan ini, akan bertemu dua klub liga inggris antara Crystal Palace vs Manchester United dalam ajang Final FA Cup. Pertandingan Final FA Cup akan diselenggarakan di Wembley pada hari Sabtu (21/5) malam nanti.

Duel antara Crystal Palace dan Manchester United di partai Final FA Cup bukanlah kali pertama yang terjadi sepanjang sejarah. Sebelumnya kedua tim ini pernah bertemu di Final FA Cup tahun 1990, di mana setan Merah berhasil keluar sebagai juara dengan skor tipis 1-0 pada laga replay, setelah sebelumnya di babak final pertama laga berakhir imbang dengan skor  3-3.

Pada Final FA Cup tahun 1990 tersebut, Crystal Palace ditukangi oleh Manajer asal Inggris, Steve Coppell sedangkan Manchester United diarsiteki oleh manajer yang tengah berada di ujung tanduk pada saat itu, Alex Ferguson. 26 Tahun berselang, kondisi serupa kembali terjadi saat bos Crystal Palace saat ini, Alan Pardew akan menantang Louis van Gaal yang nasibnya tengah diujung pemecatan.

Jika melihat sejarah pertemuan kedua tim, ini adalah pertemuan kelima antara Pardew dan Van Gaal. Hal ini dikarenakan sepanjang sejarah, Pardew kebanyakan menangani tim-tim championship dan Premier League, sedangkan Louis van Gaal sepanjang karirnya sebagai pelatih menghabiskan banyak waktunya berkelana di Belanda, Spanyol, dan Jerman sebelum pada tahun 2014 lalu untuk pertama kalinya ia menangani tim asal Inggris, Manchester United.

Pertemuan pertama kedua tim terjadi pada Boxing Day 2014, tepatnya pada tanggal 26 Desember 2014. Pada saat itu Pardew masih berstatus sebagai manajer Newcastle United. Pada pertandingan yang digelar di Old Trafford tersebut, Louis van Gaal berhasil membawa Setan Merah mengalahkan The Magpies dengan skor 3-1 berkat Brace Wayne Rooney dan Gol Robin van Persie, sedangkan Newcastle hanya mampu membalas melalui gol penalti Papis Cisse di menit 87.

Pertemuan kedua Pardew dan Van Gaal terjadi pada tanggal 9 Mei 2015. Kali ini Pardew sudah melepas jabatannya sebagai manajer Newcastle United dan mengambil alih tampuk kepemimpinan Crystal Palace usai The Eagles memecat Tony Pulis dari kursi manajer mereka. Pada pertemuan kedua ini, Pardew kembali tidak bisa mengungguli Louis van Gaal, setelah anak asuhnya kembali kalah dengan skor 1-2 setelah gol Juan Mata dan Marouane Fellaini hanya mampu dibalas oleh gol Jason Puncheon.

Pertemuan ketiga dan keempat Pardew dan Van Gaal terjadi pada musim ini. Pada pertemuan ketiga, tidak ada pemenang di antara kedua tim setelah laga yang digelar di Selhurst Park pada tanggal 31 Oktober 2015 silam berakhir dengan skor kacamata 0-0. Namun pada pertemuan keempat, Louis van Gaal kembali mengungguli Pardew, setelah Setan Merah mengalahkan Palace di Old Trafford pada tanggal 20 April 2016 berkat gol bunuh diri Damien Delaney dan gol Matteo Darmian.

Jadi bisa disimpulkan, di sepanjang karir kedua pelatih, mereka hanya bertemu sebanyak empat kali, dan ke empat-empatnya berada di ajang Premier League. Dari empat pertemuan tersebut Alan Pardew belum sekalipun mengalahkan Louis van Gaal, di mana mantan manajer Timnas Belanda tersebut mengalahkan Pardew sebanyak tiga kali dan imbang satu kali.

No comments